Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Berjaga dan Berdoa

Bpk. Budiman Koswara

rockLuk 21:34-36. Kita diajar untuk berjaga-jaga dan berdoa dalam menghadapi hidup ini. Dalam Kis 2:17-21, Alkitab bernubuat bahwa matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum kedatangan hari Tuhan. Sebagai contoh, NASA, badan luar angkasa Amerika, mengumumkan bahwa akan terjadi dua kali gerhana matahari dan empat kali gerhana bulan (atau biasa dikenal dengan nama “blood moon”). Waktu yang mereka tentukan tepat dengan hari raya orang Israel. Gerhana bulan pertama telah terjadi 15 April lalu, pada perayaan Paskah. Selanjutnya, mereka memprediksi bahwa tanggal 8 Oktober nanti, akan terjadi lagi di hari raya Sukkot. Sedangkan di tahun 2015, akan terjadi blood moon pada 20 Maret, 4 April, 13 September, dan 28 September.

Blood moon pernah juga terjadi tiga kali dalam 500 tahun terakhir: 1) Tahun 1493-1494, sekitar 200 ribu orang dari bangsa Yahudi ditindas oleh kerajaan Spanyol. Namun, beberapa bulan sebelumnya, Columbus menemukan benua Amerika. Sehingga banyak imigran Yahudi pindah ke Amerika dengan membuka kehidupan yang baru di sana. 2) Tahun 1949-1950 ketika bangsa Israel dinyatakan merdeka setelah 1900 tahun mereka menyalibkan Yesus dan diusir oleh kaisar Titus. 3) Tahun 1967-1968, terjadi perang 6 hari (six day war) dimana kota Yerusalem dapat direbut kembali oleh bangsa Yahudi. Semua peristiwa-peristiwa tersebut terjadi pada hari-hari penting bangsa Israel.

Dalam Luk 21:25-28, telah ditunjukan beberapa tanda-tanda kedatangan Tuhan melalui bencana alam. Deru dan gelora laut telah terjadi melalui Tsunami di Aceh yang telah membunuh ribuan orang. Selain itu, 15 Februari lalu, pernah terjadi serangan meteor di Rusia dengan 7200 bangunan rusak dan 1500 orang menjadi korban, diantaranya adalah anak-anak. Seperti yang dituliskan dalam Why 6:12-13, “Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah. Dan bintang-bintang di langit berjatuhan ke atas bumi bagaikan pohon ara menggugurkan buah-buahnya yang mentah, apabila ia digoncang angin yang kencang.”

Segala sesuatu yang terjadi di dunia akan dinubuatkan. Seperti dalam Amos 3:7, “Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.” Dan Yoh 16:13, “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” Posisi rohani akan menentukan bagaimana kita menghadapi akhir zaman.

Kita diajar untuk berjaga dan berdoa. Dalam 1 Tes 4:16-17, akan ada pengangkatan ketika kedatangan Tuhan. Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri kita di dunia ini dengan berjaga-jaga  dan berdoa (Mat 24:37-44).

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (22 Juni 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s