Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Momentum of Renewal

Ps. Yosi Here

rockKis 8:26-40. Filipus adalah orang yang walnya tidak mengenal Tuhan, namun ia dipanggil untuk dipakai Tuhan. Kita semua bisa dipakai seperti Filipus. Lalu bagaimana Filipus bisa dipakai oleh Tuhan?

  1. Dipenuhi Roh Kudus (Holy Spirit filled)

Kis 6:3,5. Filipus dipilih karena dipenuhi Roh Kudus. Setiap dari kita bisa dipenuhi Roh Kudus asalkan kita hidup benar di hadapanNya.

  1. Dipimpin Roh Kudus (led by Holy Spirit)

Ketika Filipus mendengar suara Roh Kudus, dia bergerak sesuai dengan pimpinan Roh Kudus. Kita diajar untuk bisa mendengar suara Roh Kudus. Hal yang sederhana dan biasa yang kita lakukan, bisa dipimpin oleh Roh Kudus. Dalam bacaan ini, Sida adalah keturunan Ham, yang pernah menerima kutukan dari Nuh sekitar 2600 tahun yang lalu (Kej 9:25). Ada beberapa fakta seorang Sida-Sida:

  • Kata “Sida” dalam bahasa Ibrani (sa·ris′) dan bahasa Yunani (eu·nou′khos), jika digunakan dalam arti harfiah, kata ini berarti pria yang dikebiri.
  • Sida-sida ditetapkan sebagai pelayan atau pengurus sang ratu, harem, dan para wanita di istana raja. (Est 2:3, 12-15, 4:4-6, 9)
  • Sida-sida yang cakap menjadi pejabat tinggi (Kis 8:27), yang adalah pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake
  • Di bawah perjanjian hukum, seorang sida-sida tidak boleh menjadi bagian dari jemaat Allah. (Ul 23:1). Karena mereka tidak disunat maka mereka dianggap “Tidak Layak”
  1. Diterangi Roh Kudus (Holy Spirit enlightenment)

Ketika Filipus menyampaikan kabar kepada sida dari Ethiophia, orang ini membuka hatinya untuk dipimpin oleh Roh Kudus. (Kis 8:30)

  1. Pembaharuan dari Roh Kudus (Holy Spirit renewal)

Roh Kudus adalah Roh yang selalu bergerak. Dalam Kis 8:40-“Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.” Asdod adalah daerah Filistin yang sepi dan Kaisarea adalah daerah dimana orangnya memandang rendah orang Yahudi. Namun Filipus diutus ke sana. Dalam Yes 40:30-31, khususnya ay. 31, kata “Renew” dalam bahasa Ibrani adalah “Khaw-laf”, yang berarti percepatan (hasten), bertumbuh (Spring Up), dan bergerak maju (Go on Forward).

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (8 Juni 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s