Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Valley of Hope

Ps. Yosi Here

rock

Kadangkala lembah itu tidak menyenangkan. Setiap orang ingin berada di bukit yang tinggi dan mereka senang ketika berada di puncak. Namun, ketika kita berada di lembah, kita patut bersyukur karena Tuhan masih menolong kita. Dalam Yesaya 55:11 dan 1 Kor 2:9, menceritakan bahwa Tuhan akan menyediakan kebutuhan kita asalkan kita setia dan taat kepadaNya. Ada 3 lembah yang sering kita lewati, antara lain:

1.         Lembah Kekelaman (Valley Of The Shadow Of Death)

Ketika kita memiliki masalah dan tak ada seorang pun yang sanggup menolong kita, kita merasa sendiri ibarat hidup dalam lembah kematian. Namun ingatlah! Nyanyian Daud dalam Maz 23:4, mengajarkan kita untuk tidak takut bahaya sebab Tuhan selalu menyertai kita. Dan juga gada dan tongkat-Nya, itulah yang menghibur kita.

 

2.         Lembah Baka ( Valley Of Baca)

Ketika kita melewati lewati lembah Baka, Tuhan ingin membuat kita lebih kuat. Dalam Maz 84-6-7, dikatakan: “Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan Zaire! Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.” Oleh karena itu, ada 3 hal yang harus dilakukan ketika kita berada di lembah Baka:

a.         Rindu akan Rumah Tuhan

Kerinduan berada di rumah Tuhan akan membawa kekuatan dan semangat baru (Maz 84:3,5a)

b.         Memuji dan Menyembah Tuhan

Waktu kita menyembah Tuhan, ada kekuatan baru yang dalam hidup anda. (Maz 84:5b)

c.         Merenungkan Berkat Tuhan

Kita bisa membagikan berkat Tuhan melalui kesaksian dan pengalaman hidup kita. Ini akan menjadikan berkat juga bagi orang lain. (Maz 84:11-12)

 

3.         Lembah Akhor / Masalah ( Valley Of Trouble)

Lembah Akhor berbicara tentang lembah masalah. Hal ini bermula dalam Yos 7:20-26 yang menceritakan hukuman Akhan yang telah mencelakakan bangsa Israel. Jika kita berada masalah, ingatlah Tuhan tidak akan melepaskan kita. Seperti Yes 65:10, “Saron akan menjadi padang rumput bagi kambing domba, dan lembah Akhor menjadi tempat pembaringan bagi lembu sapi, untuk umat-Ku yang mencari Aku”. Untuk itu, lakukan 3 hal dalam hidup anda: pisahkan diri dari dosa, menyerah dengan keputusan Tuhan, dan berjalan dengan iman dan pengharapan.

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (23 Februari 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s