Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

To Love Is To Serve

Ps. Yosi Here

rockDalam Yohanes 13:1-16, kita diajar bahwa setiap dari kita harus mengerti panggilan yang Yesus berikan kepada kita. Belajarlah untuk saling melayani satu sama lain. Ada tiga hal penting dalam sebuah pelayanan:

1.         Head (Selalu Mengambil Inisiatif untuk Melayani)

Yoh 13:4. Melayani adalah sebuah kerinduan bukan karena sebuah paksaan. Yesus adalah contoh pemimpin pelayanan yang berhati hamba. Kata “Hamba” dalam bahasa Yunani disebut Doulos dan/atau Diakonos, yang berarti budak. Sedangkan “Huperetes” adalah pendayung di kapal Yunani kuno yang berada di tiga tingkat terendah. Untuk itu, milikilah hati untuk melayani satu sama lain. Karena tanda orang Kristen yang dewasa adalah melayani.

2.         Heart (Melayani dengan Sepenuh Hati)

Tuhan memberikan hatinya untuk melayani. Ketika kita melayani dengan hati, Tuhan akan membuka tingkap langit kepada kita. Dalam 1 Sam 12:20 dikatakan “…Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: “Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.” Dan Ibr 13:2, menjelaskan “Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.”

3.         Hand (Serve Each Other/ Saling Melayani)

Pemberian yang terbaik adalah ketika anda berada dalam kebutuhan. Karena dari situlah, berkat Tuhan akan melimpah. Seperti yang dilakukan oleh seorang janda di Sarfat (1 Raja2 17:1-24). Ketika dia dalam kekurangan, dia masih memberikan makanan kepada nabi Elia. Sebagai hasilnya, dia mendapat berkat dari Tuhan yang luar biasa. Tepung dalam tempayan itu tidak habis dan minyak dalam buli-buli itu tidak berkurang seperti firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan Elia (1 Raja2 17:16).

Menjadi hamba yang setia, harus siap untuk dapat diandalkan (dependable), dapat diperhitungkan (accountable), handal (reliable), dan dapat dipercaya (credible). Tuhan mencari orang-orang yang mau melayani dengan hati. Ini memang tidak mudah ketika anda berada di dalam dunia ini. Tapi itulah yang diinginkan Tuhan dalam kehidupan kita. Jadi siapkah diri anda untuk dipakai olehNya?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (16 Februari 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s