Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Mendapatkan Kekuatan Yang Baru

Ps. Lasben Sitinjak

rock“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” – Filipi 4:13

Ketika anda sedang menghadapi masalah, apa yang akan anda lakukan? Apakah anda menggunakan kekuatan anda sendiri? Ataukah anda meminta pertolongan dari-Nya? Dalam kitab Filipi, dijelaskan bahwa sebenarnya anda diberi kekuatan untuk menanggung segala perkara, asalkan anda mau melibatkan Tuhan dalam kehidupan anda. Seburuk apapun keadaan yang anda alami, anda mempunyai kapasitas untuk menanggung segala sesuatunya. Lalu, bagaimana anda bisa mengenakan kekuatan dari Tuhan untuk menjalani kehidupan anda?

1.      Belajarlah Menantikan Tuhan

Yesaya 40:28-31. Ketika anda mendapatkan masalah, anda pasti ingin menyelesaikan masalah itu dengan cara yang instan. Padahal dibalik masalah yang anda hadapi, Tuhan punya maksud lain untuk mendatangkan kebaikan bagi anda. Di sini anda diajar untuk berserah kepadaNya. Ketika anda menyerahkan masalah anda kepadaNya, anda hanya butuh sabar untuk menantikan jawaban Tuhan. Karena Dia memiliki waktuNya sendiri untuk menolong permasalahan anda. Dan orang yang menantikan Tuhan, akan mendapatkan kekuatan baru. Dalam Yakobus 1:19 dikatakan bahwa “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.” Jadi, janganlah gegabah dan nantikanlah pertolongan dariNya.

2.       Perhatikan apa yang tidak kelihatan

2 Kor 4:7-9,16-18. Janganlah melihat masalah yang anda hadapi dari sisi luarnya saja. Tetapi coba renungkanlah apa yang ingin Tuhan sampaikan melalui masalah itu. Lihatlah ketika Goliat menantang tentara Israel (1 Sam 17). Bangsa Israel takut untuk menghadapi orang Filistin karena mereka memiliki sosok yang besar seperti raksasa. Namun berbeda dengan pemikiran Daud. Dia percaya bahwa Tuhan akan melepaskannya dari tangan orang Filistin seperti halnya ketika dia bertarung dengan singa dan beruang.

Oleh karena itu, jadikanlah dirimu kuat. Nantikan Tuhan senantiasa agar anda memperoleh kekuatan baru. Dan juga pikirkanlah apa yang tidak kelihatan, karena hal itu bersifat kekal.

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (20 Oktober 2013) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s