Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Dosa-Dosa Kecil

dosa“…Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu, ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya”

(Kejadian 4 : 7b)

Di Jeram Niagara, beberapa burung sering menukik mengambil air minum yang bersih. Tanpa mereka sadari, ada beberapa tetesan air kecil yang jatuh di sayap mereka. Karena masih berupa tetesan air kecil, maka burung–burung itu tidak terlalu mempedulikan. Ketika burung–burung itu menukik lagi untuk minum lebih banyak, semakin banyak pula tetesan air yang jatuh ke sayap mereka.

Karena udara yang begitu dingin, titik–titik air itu akhirnya berubah menjadi es. Setelah es menumpuk makin banyak di sayapnya, burung itu akhirnya tidak kuat terbang lagi dan tiba–tiba jatuh dan akhirnya mati.

Burung–burung itu mati hanya karena meremehkan tetesan–tetesan air kecil yang terus terkumpul dan menumpuk yang akhirnya berubah menjadi beban yang begitu berat hingga mengakibatkan kematian.

Bukankah demikian pula yang terjadi dalam kehidupan rohani kita? Iblis tidak selalu berusaha menjatuhkan kita dengan dosa–dosa besar. Ia seringkali memakai dosa–dosa yang tampaknya kecil untuk menjatuhkan dan membinasakan kita. Memang dosa–dosa kecil yang kita lakukan tidak serta merta membuat kita jatuh, tetapi setelah terakumulasi cukup banyak, akhirnya dosa–dosa kecil itu akan menjadi beban yang begitu memberatkan kehidupan rohani kita, dan bahkan dapat membinasakan kita. Jarang sekali orang terantuk dan terjatuh karena batu besar, namun banyak kali orang terantuk dan terjatuh karena batu–batu kecil.

Karena itu jangan pernah meremehkan dosa–dosa kecil, dan jangan pernah mau mengumpulkan dosa–dosa kecil. Sekecil apapun dosa itu dalam pandangan kita, segera singkirkan dan minta ampun kepada Tuhan, karena dihadapan Tuhan semua dosa adalah sama besarnya. Bagaimana menurut anda?

Sumber : Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s