Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Turn Back

rockKotbah di akhir bulan Agustus ini (25/8), kembali dibawakan oleh Ps. Yosi Here di GBI Rock Tampa. Seperti biasa, saya akan meringkas kembali kotbah beliau yang diberi judul “Turn Back”.

Salah satu contoh yang diambil adalah kota Laodikia (Wahyu 3:14-22). Menurut beliau, arti kata “Laodikia” adalah “pendapat/suara orang” (laos = pendapat/ kebiasaan). Jadi Laodikia adalah sebuah gereja/jemaat yang sangat duniawi, yakni berjalan di luar kehendak Tuhan. Jika anda melihat, keadaan yang digambarkan dalam jemaat Laodikia ini sesungguhnya adalah kondisi yang terdapat di dalam Gereja Tuhan  pada akhir zaman ini.

Sebagai informasi untuk anda ketahui, kota Laodikia didirikan oleh Raja Anthiokius II, dimana kota tersebut sangat kaya raya karena berada dijalur perdagangan Asia Kacil. Perternakan dombanya menghasilkan bulu domba kwalitas unggul, yang dikembangkan untuk  karpet dan kain wool. Banyak tempat permandian umum yang mewah dan indah. Selain itu, sejenis obat yang dikenal dengan nama ‘Saleb Frigia’, dihasilkan di Laodikia untuk mengobati sakit mata yang akut.

Dalam cerita di atas, ada 2 hal yang tidak disukai oleh Yesus, yakni:

1.      Kristen Lahiriah

Kehidupan jemaat Laodikia suam-suam kuku, tidak panas dan dan tidak dingin (Wahyu 3:15-16). Artinya mereka masih hidup dengan kebiasaan duniawi biarpun sudah beribadah kepada Tuhan. Karena secara lahiriah, mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya (2 Timotius 3:5).Kalau boleh saya gambarkan, kehidupan seseorang ibarat ToMat (minggu berTobat, setelah itu kuMat). Kekristenan tidak bisa diukur dengan seberapa sering anda beribadah, tapi bagaimana anda mengimpartasikan/menerapakan Firman tersebut dalam kehidupan anda.

2.      Membohongi Diri Sendiri

Jemaat Laodikia merasa bahwa dirinya tidak kekurangan apa-apa. Ia merasa kaya, padahal tidak (Wahyu 3:17). Mereka bermegah diri di hadapan Tuhan. Padahal itu semua adalah berkat yang diberikan Tuhan atas mereka. Kalau saya boleh melihat, bisa jadi sebuah ucapan syukur tidak mereka tujukan kepada Pencipta mereka atas berkat yang telah diberikan kepada mereka.

Untuk itulah, Yesus menawarkan 3 hal kepada jemaat Laodikia (Wahyu 3:18) sehingga mereka tidak hidup dengan seenaknya sendiri, antara lain:

1.      Membeli emas yang telah dimurnikan oleh api

Dalam konteks ini, emas (yang telah dimurnikan oleh api) berbicara tentang mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita. Seberapa besar anda kuat dalam menghadapi cobaan ketika anda menganggap diri anda bisa mengatasi semuanya? Mungkin hanya sekali atau dua kali. Sisanya, anda akan akan hanyut oleh cobaan tersebut. Tapi jika anda berpegang penuh dan taat kepada-Nya, maka anda akan bisa menghadapi ujian hidup ini.

2.      Membeli pakaian kebenaran

Dalam Ayub 29:14, berkata “…aku berpakaian kebenaran dan keadilan menutupi aku seperti jubah dan serban…”. Artinya, bahasa Ibrani kebenaran (Righteousness) adalah “tsedeg”, yang berarti benar secara moral sehingga mendapat keadilan serta kekayaan. Sebuah pakaian kebenaran melambangkan kekudusan hidup anda. Masih ingatkah anda di zaman perjanjian lama, bahwa para imam mengenakan pakaian khusus untuk mempersembahkan korban? Ini menunjukan bahwa kekudusan kepada Tuhan sangat penting. Jadi milikilah hidup kudus di dalamNya.

3.      Membeli minyak (salep) untuk mengurapi mata

Jika anda perhatikan, keinginan daging anda selalu dimulai dari mata bukan? Mulai dari pornografi, gila shopping, dsb. Hal itu menjadi jerat dan dosa bagi anda. Mata anda akan menjadi kering dan kehidupan anda akan dibelenggu oleh dosa. Untuk itu jagalah mata anda! Seperti sebuah nyanyian “brikanku mata-Mu ‘tuk melakukan tugas-Mu”, hendaklah hidup kita juga demikian. Karena hari-hari yang anda lalui adalah hari-hari yang jahat (Efesus 5:16).

Jadi, siapkah anda kembali hidup ke jalan-Nya? Tuhan Yesus memberkati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s